PERKEMBANGAN ATAU KEMAJUAN TEKNOLOGI

Keberagaman bentuk tersebut menyiratkan bahwa memang setiap manusia merupakan makhluk sosial. Manusia tidak bisa hidup tanpa manusia lainnya dan manusia tidak bisa tidak berkomunikasi. Setiap individu pasti melakukan kegiatan komunikasi setidaknya komunikasi dengan diri sendiri atau biasa disebut intrapersonal.

Melalui berbagai bentuk komunikasi yang ada, kita dapat memberikan penjelasan secara umum bahwa kegiatan komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara seiring berjalannya waktu, komunikasi tidak dapat dipisahkan dengan 'media masa'. Teknologi yang semakin maju, cara berkomunikasi yang beragam, serta semakin boomingnya sosial media menjadi salah satu contoh nyata perkembangan dalam dunia komunikasi.

gambar 1. evolusi teknologi komunikasi

gambar 2. teknologi abad 21


Dalam bentuk yang paling sederhana, perkembangan teknologi dihasilkan dari pengembangan cara-cara lama atau penemuan metode baru dalam menyelesaikan tugas-tugas tradisional seperti bercocok tanam, membuat baju atau membangun rumah.

Sisi Positifnya :
masyarakat yang menjadi pengguna aktif teknologi, situs-situs serta media komunikasi sosial, mereka dapat menyampaikan informasi dan juga mendapatkan informasi secara lebih mudah.

Sisi Negatifnya :
kemajuan teknologi ini membuat orang menjadi malas untuk berkomunikasi secara langsung. Orang lebih memilih berinteraksi melalui handphonenya ketimbang berkomunikasi dengan orang sekitarnya.

Perkembangan komunikasi itu sendiri sebenarnya sejalan dengan kehidupan serta keberadaan dari manusia itu sendiri. Ada empat titik penentu yang utama dalam sejarah komunikasi manusia. Menurut Nordenstreng dan Varis (1973) adalah :
  1. Perolehan (aquistion) bahasa yaitu pada saat yang sama dengan lahirnya manusia.
  2. Pengembangan dengan seni tulisan berdampingan dengan komunikasi yang berdasarkan pada bicara.
  3. Reproduksi kata-kata tertulis (written word) dengan menggunakan alt pencetak, sehingga memungkinkan terwujudnya komunikasi masa yang sebenarnya.
  4. Munculnya komunikasi electronic, mulai dari telegram, telepon, radio, televisi, sampai dengan satelit.
Sebenarnya teknologi sudah ada sejak jaman dahulu, yaitu jaman romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang, sehingga menciptakan objek-objek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih efesien dan cepat.

sumber :
http://goo.gl/7ZetNV
http://goo.gl/HoUdzE
http://goo.gl/5wyOtS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkenalan Diri Penulis